Kursus Statistika Penelitian ini memberikan bekal kepada mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan tinggi (advanced), khususnya dalam hal mengeksplorasi dan menganalisis data, serta dalam menginterpretasikan hasilnya. Ragam cara menguji hipotesis statistik pun menjadi suatu capaian belajar yang akan dimiliki oleh mahasiswa, yang sangat berguna untuk menghadapi jenis penelitian kuantitatif. Melalui serangkaian kegiatan dalam Kursus Statistika Penelitian ini, mahasiswa dituntun untuk menjadi fasih terhadap terminologi atau konsep-konsep dasar dalam aspek kombinatorika dan statistika, beragam jenis penyajian data, penghitungan ukuran-ukuran statistik, sampai pada pembahasan mengenai penarikan kesimpulan (generalisasi) dari data hasil perhitungan.
-
Pengetahuan Dasar Statistika
-
Handout: Pengetahuan Dasar Statistika00:30 Menit
-
PPT: Statistik, Statistika, dan Data00:30 Menit
-
Video: Statistik dan Statistika00:10 Menit
-
Podcast 1: Statistik dan Statistika00:10 Menit
-
Podcast 2: Jenis-jenis Statistika00:10 Menit
-
Animasi: Statistik dan Statistika00:05 Menit
-
Infografis: Definisi dan Klasifikasi Data00:10 Menit
-
-
Dasar-dasar Analisis
-
Handout: Dasar-dasar Analisis00:30 Menit
-
PPT: Aturan Pembulatan dan Notasi Sigma00:30 Menit
-
Video: Data Statistik00:10 Menit
-
Podcast: Data Statistik00:05 Menit
-
Animasi: Data Statistik00:05 Menit
-
-
Penyajian Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram
-
Handout: Penyajian Data dalam bentuk Tabel dan Diagram00:30 Menit
-
PPT: Tabel dan Diagram00:30 Menit
-
Animasi: Tabel dan Diagram00:05 Menit
-
Infografis: Jenis-jenis Diagram untuk Data Tersebar00:15 Menit
-
-
Ukuran Tendensi Sentral: Mean, Modus, dan Median
-
Handout: Ukuran Tendensi Sentral00:30 Menit
-
PPT: Mean, Modus, dan Median00:30 Menit
-
Animasi: Mean, Modus, dan Median Data Tersebar dan Berbobot00:05 Menit
-
-
Ukuran Lokasi
-
Handout: Ukuran Lokasi00:30 Menit
-
PPT: Kuartil, Desil, dan Persentil00:30 Menit
-
Animasi: Kuartil, Desil, dan Persentil00:05 Menit
-
-
Ukuran Dispersi
-
Handout: Ukuran Dispersi00:30 Menit
-
PPT: Berbagai Jenis Ukuran Dispersi00:30 Menit
-
Animasi: Simpangan Baku00:05 Menit
-
-
Distribusi Peluang
-
Handout: Distribusi Peluang00:30 Menit
-
PPT: Distribusi Peluang00:30 Menit
-
Infografis: Distribusi Peluang Diskret dan Kontinu00:15 Menit
-
Video: Distribusi Binom dan Distribusi Normal00:05 Menit
-
-
Pengujian Hipotesis
-
Handout: Pengujian Hipotesis00:30 Menit
-
Podcast: Pengujian Hipotesis00:05 Menit
-
Video: Definisi, Jenis-jenis, dan Cara Menguji Hipotesis00:05 Menit
-
-
Uji T: Dua Sample Independen
-
Handout: Uji T Dua Sampel Independen00:30 Menit
-
Infografis: Alur Uji T Dua Sampel Independen00:15 Menit
-
Video: Pemecahan Kasus dengan Uji T Dua Sampel Independen00:07 Menit
-
Animasi: Uji T Dua Sampel Independen00:07 Menit
-
-
Uji T: Sample Berpasangan
-
Handout: Uji T Sampel Berpasangan00:30 Menit
-
Video: Pengujian Hipotesis dengan Uji T Sampel Berpasangan00:05 Menit
-
Animasi: Alur Uji T Sampel Berpasangan00:05 Menit
-
-
Analisis Varians: Sampel Independen
-
Handout: Analisis Varians Sampel Independen00:30 Menit
-
Infografis: Alur Analisis Varians Sampel Independen00:15 Menit
-
Video: Contoh Kasus Analisis Varians Sampel Independen00:05 Menit
-
-
Analisis Varians: Sampel Dependen
-
Handout: Analisis Varians Sampel Dependen00:30 Menit
-
Infografis: Alur Analisis Varians Sampel Dependen00:15 Menit
-
Video: Contoh Kasus Analisis Varians Sampel Dependen00:07 Menit
-
-
Korelasi
-
Handout: Korelasi00:30 Menit
-
PPT: Prinsip Korelasi00:30 Menit
-
Infografis: Korelasi Pearson00:15 Menit
-
Video: Jenis-jenis dan Contoh Penghitungan Korelasi00:05 Menit
-
Podcast: Perhitungan Korelasi00:10 Menit
-
-
Analisis Regresi
-
Handout: Analisis Regresi00:30 Menit
-
Video: Pengujian Koefisien Regresi00:07 Menit
-
Tes01:00 Menit
-

Dr. Maulana, S.Pd., M.Pd.
DosenMaulana, dilahirkan dari pasangan seorang Ibu, Rd. N. Martika, dan ayah, almarhum U. Muchtar, di Bandung, pada tanggal 25 Januari 1980. Anak ketiga dari empat bersaudara ini menikah dengan seorang Bidadari, Lungguh Puri Pramswari, S.Pd. dan kini telah dikaruniai dua orang putri, Lakeisha Zihnie Abhinaya Vashti serta Chalakannia Rafani Aylakiva. Riwayat Pendidikan Pendidikan yang pernah dialami antara lain: SD Negeri Babakan Surabaya I Bandung (1992), SMP Negeri 27 Bandung (1995), dan SMA Negeri 3 Bandung (1998). Selepas SMA, penulis berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan Matematika (2002) dan Magister Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (2007), dengan memperoleh nilai A untuk seluruh mata kuliah yang ditempuh (straight A). Selanjutnya di tahun 2016 berhasil menjadi Doktor dalam Bidang Pendidikan Matematika dari Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang bertajuk Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis, Kreatif, dan Investigatif Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah berstrategi “MURDER”. Pengalaman Kerja Penulis sejak 2002 sampai saat ini menjadi dosen di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang. Sebelumnya, pernah mengabdikan diri dengan mengajar di SD Negeri Rancabango Kabupaten Garut (1999), SD Negeri Desa Pagon-Purwadadi Kabupaten Subang (2001), SMP Negeri 5 Cugenang Cianjur (2000), SMP Negeri 27 Bandung (2001-2002), SMA Negeri 3 Bandung (2002), SMK Negeri 15 Bandung (2002-2004), serta Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka di Tarogong, Cikajang, Bungbulang, dan Pameungpeuk Kabupaten Garut; Kabupaten Majalengka, serta Kabupaten Cirebon. Selain itu, penulis juga aktif sebagai Asesor dan Instruktur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, dari tahun 2007 sampai sekarang. Di luar pengalaman mengajar, penulis juga pernah menjadi: (1) Observer dan peneliti pada proyek penelitian Realistic Mathematics Education (RME), Universitas Pendidikan Indonesia, tahun 2001-2002; (2) Peneliti dan pengembang penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika di Jawa Barat dan Riau (2005-2006); (3) Financial Consultant PT Takaful, tahun 2002-2003; (4) Pembina Korps Protokoler Bumi Siliwangi Satuan Sumedang Larang, tahun 2014-sekarang; (5) Tim Pengembang Kurikulum PGSD UPI, tahun 2015-sekarang; (6) Tim Perencana Pembangunan Bidang Pendidikan Kabupaten Sumedang, mulai tahun 2016; serta (7) Tim Penyusun Grand Design dan Silabus Peningkatan Kompetensi Guru Dikdas melalui Active Learning, mulai tahun 2016. Meninjau jauh ke belakang, sejak aktif di dunia persekolahan, penulis pernah aktif sebagai: (1) Ketua II OSIS SMP Negeri 27 Bandung, periode 1992-1993. (2) Ketua Umum Dewan Keluarga Mesjid SMA Negeri 3 Bandung, periode kepengurusan 1996-1997. (3) Ketua Umum Forum Silaturahmi Rohani Islam se-Bandung Raya, periode 1997-1998. (4) Ketua Umum Ikatan Muslim Alumni SMA Negeri 3 Bandung Angkatan 1998 yang pertama. (5) Senat Mahasiswa—Biro Penalaran dan Riset—FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, periode kepengurusan 2000-2001. (6) Finalis Top Student Indonesia tahun 1999. Serta pada bidang seni, pernah menjuarai berbagai event besar, di antaranya Juara Puisi, Pidato, Melukis dan Kaligrafi se-Jawa Barat (dan Banten) antara tahun 1991 sampai 1994. Karya Publikasi Aktivitas mengikuti dan menyajikan makalah pada seminar dan konferensi matematika atau pendidikan dasar tingkat nasional dan internasional sudah sering dilakukan sejak tahun 2002, dengan hasil karya ilmiah yang diterbitkan dalam beberapa prosiding. Di samping keikutsertaan dalam diseminasi hasil pemikiran dan penelitian melalui seminar dan konferensi, penulis juga pernah menghasilkan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal, antara lain: (1) Alternatif Perkuliahan Matematika dengan Menggunakan Metafora. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor 1, April 2006, (2) Pendekatan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 8, Nomor 1, April 2008, Lemlit UPI, (3) Metacognitive Approach as an Alternative of Mathematics Learning for Improving Critical Thinking Skill of PGSD Student. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor 10, Oktober 2008, (4) Teaching Mathematics Contextually. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar. Volume 1, Nomor 1, Februari 2010, (5) Matematika sebagai Aktivitas yang Menyenangkan dan Penuh Permainan. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor 14 Oktober 2010, (6) Berpikir Kreatif Matematis, Itu Perlu!. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 2, September 2011, (7) Berteka-teki, Bermain dan Bersenang-senang dalam Matematika. Algoritma (Jurnal Pendidikan Matematika). Volume 7, Nomor 2, Desember 2012, (8) Kemandirian Belajar Guru Sekolah Dasar (Studi Deskriptif terhadap Guru SD dari Enam Kabupaten di Jawa Barat). Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1, Februari 2013, (9) Mengukur Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2, Februari 2013, (10) Interaksi PBL-“MURDER”, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir dan Disposisi Kritis. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 1, April 2015. Sementara itu, beberapa buku yang pernah ditulis, antara lain sebagai berikut: (1) MATRIKS (Matematika Teori dan Aplikasi): Matematika untuk SMA Kelas 3. Penerbit: Sinergi Pustaka Indonesia. ISBN 979-745-099-6 (2004). (2) Model Pembelajaran dan Bahan Ajar Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Broad Based Education—Life Skill) untuk Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Pekerjaan Sosial. Penerbit: SMKN 15 Bandung (2004). (3) Pemecahan Masalah Matematika: Bahan Belajar Mandiri (BBM). Penerbit: UPI Press (2006). (4) Dasar-dasar Keilmuan Matematika. Penerbit: Royyan Press, ISBN 978-979-18562-0-1 (2008). (5) Konsep Dasar dan Aplikasi Statistika serta Teori Distribusi Peluang. Penerbit: Royyan Press, ISBN 978-979-18562-1-8 (2008). (6) Konsep Dasar dan Pedagogi Matematika (Sequel 1). Penerbit: Celtics Press. ISBN: 978-602-7889-02-6 (2011). (7) Dasar-dasar Konsep Peluang: Sebuah Gagasan Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Penerbit: UPI Sumedang Press. ISBN: 978-979-3786-39-1 (2014). (8) Kajian Praktik Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit: UPI Sumedang Press. ISBN: 978-602-71181-5-7 (2015). (9) Konsep Dasar dan Pedagogi Matematika [Sequel 2]. Penerbit: UPI Sumedang Press. ISBN: 978-602-71181-7-1 (2015). (10) Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar [Edisi Kedua]. Penerbit: UPI Sumedang Press. ISBN: 978–602–71181–6–4 (2015).

150,000.00
-
Level Pemula
-
Materi 53
-
Peserta 50
-
Durasi 16 hours and 8 minutes
-
Updated 26 Sep,2024
Materi
- Video
- File
- Teks