Kursus ini menyajikan materi tentang penyusunan dokumen Garis Besar program Media Pembelajaran (GBPM). Secara umum menyajikan tentang bagaimana merancang suatu Media Pembelajaran melalui Pengembangan Garis Besar Program Media, dengan menjelaskan tentang apa urgensi GBPM dalam pengembangan media, bagaimana format GBPM yang dapat di rujuk, serta contoh nyata dokumen GBPM yang telah dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran dalam beberapa format. Sehingga sebelum mengikuti kursus ini sangat disarankan memiliki pemahaman dasar mengenai media pembelajaran. Kursus singkat ini dapat diselesaikan dalam 3 jam efektif. Kursus ini sangat dianjurkan bagi para pengembang media dan bahan ajar, pendidik, calon pendidik, serta peneliti yang dalam penelitiannya melakukan pengembangan media pembelajaran .
-
URGENSI GBPM
-
PERBEDAAN GBPM DENGAN NASKAH MEDIA PEMBELAJARAN00:06 Menit
-
MENGAPA PERLU GBPM?00:07 Menit
-
INDIKATOR MEDIA PEMBELAJARAN YANG BAIK00:12 Menit
-
-
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN GBPM
-
EMPAT LANGKAH PENYUSUNAN GBPM00:05 Menit
-
RESUME MATERI PENGEMBANGAN GBPM00:06 Menit
-
GBPM SUMMARY00:05 Menit
-
-
FORMAT GBPM
-
STRUKTUR GBPM00:08 Menit
-
GBPM QUIZ00:15 Menit
-
KOMPONEN GBPM00:05 Menit
-
-
CONTOH GBPM DAN LUARAN MEDIANYA
-
CONTOH PRAKTIK PENYUSUNAN GBPM00:09 Menit
-
GBPM MEDIA GRAFIS00:05 Menit
-
GBPM MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN00:15 Menit
-
PRODUK VIDEO PEMBELAJARAN HASIL PENGEMBANGAN GBPM00:23 Menit
-
M Ridwan Sutisna
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia pada bidang Teknologi Pendidikan, khususnya di bidang Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Aktif mengajar di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Kampus Cibiru dan Program Studi teknologi Pendidikan. Pendiri berbanjar.com yang konsen dengan kolaborasi dan peningkatan literasi TIK masyarakat pendidikan di Indonesia.
-
Melalui pelatihan Garis Besar Program Media, memberikan saya pengetahuan dan keterampilan yang saya butuhkan untuk mengembangkan program media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi peserta didik. Materi pelatihan yang disampaikan sangat terstruktur dan relevan, dengan fokus yang jelas pada memahami kebutuhan peserta didik serta memanfaatkan berbagai media secara efektif. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana mengintegrasikan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran ke dalam Garis Besar Program Mengajar (GBPM), termasuk memahami rumusan indikator, Kompetensi Keahlian dan Keterampilan (KKO), serta Taksonomi Bloom. Hal ini memberi saya pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menyusun GBPM yang relevan dan efektif. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh dari pelatihan ini, saya merasa lebih percaya diri dalam merancang program pembelajaran yang inovatif dan menarik, yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan memanfaatkan berbagai media dengan cara yang efektif.
-
Materi mengenai GBPM pada kursus ini sangat bermanfaat terutama untuk saya sebagai calon pendidik. Materi yang di dalam nya dikemas dengan menarik dan mudah dipahami oleh kami sebagai mahasiswa. Materi-materi sangat mengedukasi bagaimana cara membuat media pembelajaran yang menarik. Selain itu, adanya pelatihan kursus ini membuat saya tau cara-cara dalam mengembangkan media GBPM itu seperti apa melalui prosedural pembuatannya. Dari hal ini, saya berharap nantinya bisa mengembangkan media yang menarik.
-
Melalui kursus ini saya dapat mengetahui bahwa sebuah perencanaan pengembangan media pembelajaran yang baik perlu dilakukan, hal ini dikarenakan dapat menjaga kualitas dan relevansi media pembelajaran. Sehingga pesan pembelajaran dapat disampaikan melalui media dengan batasan dan urutan yang tepat.
-
Dengan mengikuti kursus ini sangat membantu saya sebagai calon guru dalam memahami, merancang, serta mengaplikasikan GBPM Media Pembelajaran yang efektif dan efisien bagi para peserta didik. Saya sangat merekomendasikan kursus ini bagi siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang GBPM Media Pembelajaran. Terima kasih.
-
Materi disajikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Materi sangat mendidik kami untuk dapat membuat media pembelajaran yang menarik. Selain itu, pelatihan dalam kursus ini juga memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mengembangkan media GBPM melalui proses pembuatannya.
-
Alhamdulillah dengan course GBPM ini saya mulai paham apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat media, dan hal yang paling diutamakan dalam membuat media itu adalah relevansi yakni kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapainya. Selain itu dengan mengikuti course ini dalam pembuatan indikator dalam tujuan pembelajaran dapat mudah dipahami. Terima kasih
-
sangat membantu untuk bealjar hal-hal baru yang ternyata bisa di dapatkan lewat web ini khususnya pada materi merancang Garis Besar Program Media Pembelajaran, secara keseluruhan bagus tapi saya mengalami beberapa kendala saat menggunakan wajar.id ini beberapa kali tidak bisa di klik "belajar sekarang" tetapi ternyata setelah beberapa kali di coba dan ganti device berhasil.
25,000.00
-
Level Pemula
-
Materi 13
-
Peserta 498
-
Durasi 2 hours and 1 minute
-
Updated 17 Oct,2022
Materi
- Video
- File
- Teks